Ini 10 Aplikasi Kompres PDF Terbaik 2021, Kualitas Tetap

Ini 10 Aplikasi Kompres PDF Terbaik 2021, Kualitas Tetap Tinggi

Ini 10 Aplikasi Kompres PDF Terbaik 2021, Kualitas Tetap

File Portable Document Format (PDF) telah menjadi format standar untuk lalu lintas pertukaran dokumen. Pernahkah Anda ingin mengunggah file PDF penting tetapi macet karena filenya terlalu besar? Atau akan mengirim PDF melalui email tetapi melebihi kapasitas? Aplikasi kompres PDF adalah solusi sempurna untuk mengecilkan file PDF dengan tetap menjaga kualitas dokumen yang baik.

Berikut ini kami bagikan 10 aplikasi kompresi PDF terbaik tahun 2021 yang dapat Anda gunakan di PC atau smartphone untuk mendukung kinerja dan produktivitas Anda.
1. Kompres PDF

Sesuai dengan namanya, Compress PDF merupakan aplikasi yang mengkhususkan diri dalam memperkecil ukuran file PDF. Hasil akhirnya adalah ukuran file setelah dikompres cukup kecil yaitu sekitar 3,5 MB saja. Waktu yang dibutuhkan untuk memproses file tersebut tidak terlalu lama.

Compress PDF tidak hanya dapat mengecilkan file yang tersimpan di penyimpanan internal smartphone Anda, tetapi juga mengimpor file dari penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan sebagainya.

Anda dapat menikmati aplikasi kompres PDF ini secara gratis atau berbayar. Untuk versi gratis, fiturnya agak terbatas, seperti hanya bisa membaca file PDF dengan ekstensi tertentu. Namun jika kebutuhan Anda hanya untuk memperkecil ukuran file PDF standar, maka Compress PDF tentu saja merupakan pilihan terbaik.

2. iLovePDF

Selain versi website yang bisa Anda akses dengan browser di ponsel Anda, iLovePDF juga memiliki versi aplikasi mobile yang bisa Anda gunakan secara gratis. Aplikasi kompres PDF ini didukung oleh 25 bahasa dunia, salah satunya bahasa Indonesia.

iLovePDF memiliki fasilitas untuk mengecilkan file PDF sesuai dengan ukuran yang kita inginkan yaitu kompresi ekstrim (kompresi tingkat tinggi, kualitas file berkurang), kompresi kurang (kompresi tingkat rendah, kualitas file tinggi dipertahankan), atau kompresi yang direkomendasikan (kompresi sedang, tinggi kualitas file tetap terjaga). ).

Selain aplikasi kompres PDF, iLovePDF juga dapat menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu (merge), mengkonversi file PDF ke file format lain (PDF ke Word, PDF ke JPG, dan sebagainya), mengkonversi file format lain menjadi file PDF ( Word to PDF, Excel to PDF, dan lain sebagainya), membelah file PDF menjadi beberapa bagian (split), dan masih banyak fitur lainnya.

Untuk dapat mengakses semua fitur tersebut, Anda diharuskan membeli lisensi iLovePDF, namun harganya relatif terjangkau.

3. Utilitas PDF

Ini adalah salah satu aplikasi kompres PDF berperingkat tinggi di Google Play Store. PDF Utils merupakan aplikasi paket lengkap karena tidak hanya mampu memperkecil ukuran file PDF secara maksimal, tetapi juga mengedit file PDF, menambahkan gambar dan teks pada file PDF, memutar dokumen, dan menghapus halaman PDF.

Bobot aplikasi tidak terlalu berat sehingga tidak membebani memori internal HP Anda. Jika Anda menginginkan aplikasi kompres PDF yang multifungsi dan paling worth it, jawabannya adalah PDF Utils.

Sayangnya aplikasi ini masih diwarnai dengan iklan pada beberapa fiturnya, dan Anda bisa menghilangkannya dengan mengupgrade ke versi premium/berbayar.

4. Alat PDF

Aplikasi kompres PDF selanjutnya yang direkomendasikan adalah PDF Tools, dimana dengan ukuran aplikasi hanya 6 MB anda akan mendapatkan 20 fitur untuk mengolah file PDF, selain tentunya fasilitas untuk memperkecil ukuran file.

Fitur andalan lainnya antara lain, Anda dapat menambahkan tanda air (watermark) pada file PDF, membagi file PDF menjadi beberapa file, dan menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu.

5. Semua Pembaca PDF

Namanya All PDF Reader, namun kemampuannya tidak hanya membaca berbagai jenis file PDF. Aplikasi kompres PDF ini didukung dengan fitur premium yang biasanya hanya disematkan pada aplikasi berbayar, namun dalam aplikasi ini Anda dapat menikmatinya secara gratis. Tidak heran peringkatnya tinggi di Google Play Store.

Kelebihan All PDF Reader adalah dapat memperkecil ukuran file PDF menjadi hanya 100KB-200KB. Hal ini sangat membantu bagi Anda yang perlu mengirim file PDF dalam jumlah banyak sekaligus, atau permintaan upload file yang dibatasi maksimal 200KB.

Beberapa fitur lainnya adalah PDF editor untuk mengedit file PDF, PDF Converter untuk mengkonversi file PDF ke format lain, PDF Split untuk membelah file PDF, dan lain-lain.

6. ORPALIS PDF Reducer

ORPALIS PDF Reducer adalah aplikasi kompres PDF yang ditujukan untuk penggunaan PC. Anda dapat mendownloadnya secara gratis 100% dengan ukuran file hanya 3 MB.

Dalam aplikasi ini, Anda dapat mengatur ukuran file terkompresi, menghapus bagian dalam file PDF, menyisipkan gambar, dan membagi file PDF. Selain itu, Anda dapat mengompres beberapa file sekaligus, yang menghemat waktu jika Anda memiliki banyak file untuk dikompres.

Sumber :