Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis-Jenis Router

Informasi dasar tentang router

pengertian-router

Router adalah perangkat keras (perangkat keras) yang dengannya beberapa jaringan yang identik atau berbeda dapat dihubungkan. Router ini juga diartikan sebagai perangkat untuk mengirimkan paket data ke jaringan atau internet untuk sampai ke tujuannya. Proses ini dikenal sebagai routing.

Fungsi router

Fungsi dari router adalah menghubungkan dua atau lebih jaringan yang meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Fungsi utama router ini adalah mengaktifkan atau mendistribusikan statis atau DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol untuk semua komputer yang terhubung ke router.

Dengan alamat IP unik yang dibagikan oleh router untuk setiap komputer, setiap komputer terhubung satu sama lain dan dapat / dapat berkomunikasi dengan jaringan LAN atau Internet.

Router ini dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke jaringan besar yang disebut internetwork, atau untuk membagi jaringan besar menjadi beberapa subnet untuk kinerja yang lebih baik dan pengelolaan yang lebih mudah.

Router ini juga sering digunakan untuk menghubungkan dua (2) jaringan yang menggunakan media berbeda (misalnya router nirkabel yang sering dapat menghubungkan komputer melalui radio dan juga mendukung koneksi komputer dengan kabel UTP) atau juga dengan arsitektur jaringan yang berbeda seperti Ethernet the token ring.

Router dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke layanan telekomunikasi seperti leased line telecommunications atau digital subscriber line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke koneksi jalur khusus mirip dengan T1 atau T3 dan sering disebut sebagai server akses.

Sementara itu, router yang menghubungkan jaringan lokal dengan koneksi DSL dikenal sebagai router DSL. Router tersebut pada dasarnya memiliki fungsi firewall untuk melakukan pemfilteran paket sesuai dengan sumber dan alamat tujuan paket, walaupun beberapa router tidak memiliki ini.

Router dengan fungsi filter paket disebut router filter paket. Router ini umumnya memblokir lalu lintas yang dikirim melalui siaran untuk mencegah aliran siaran mempengaruhi kinerja jaringan.

Jenis router

Secara umum router dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Sesuai dengan pengertian router, termasuk jenis-jenis router adalah sebagai berikut:

I. Berdasarkan aplikasi

1. Aplikasi router merupakan aplikasi yang dapat diinstal pada sistem operasi komputer oleh pengguna sehingga sistem operasi komputer tersebut dapat berfungsi layaknya router. Beberapa kegunaannya meliputi;

  • Wingate
  • WinProxy
  • Winroute
  • Spygate

2. Perangkat keras router adalah perangkat keras yang memiliki kemampuan seperti halnya router. Dengan kemampuan ini, perangkat keras ini dapat digunakan untuk;

  • Bagikan alamat IP (alamat IP)
  • Berbagi jaringan Internet di satu area, mis. B. router sebagai titik akses, dan area yang menerima alamat IP dan koneksi Internet disebut area hot spot.

3. Router PC adalah komputer dengan spesifikasi tinggi yang telah dimodifikasi untuk berfungsi sebagai router. Beberapa spesifikasi minimum yang harus ada di komputer adalah:

  • Prosesor Pentium II dengan hard disk 10 GB dan 64 RAM.
  • Ada kartu LAN.
  • Sistem operasi khusus router PC, Mikrotik.

II. Berdasarkan mekanismenya

  • Router Statis (Static Router) adalah router dengan tabel routing statik yang di atur secara manual oleh administrator jaringan.
  • Dynamic Router (Dynamic Router) adalah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga menghubungkan ke router lain.
  • Wireless router merupakan router yang dapat / dapat bekerja tanpa menggunakan kabel, karena hanya mengandalkan media udara untuk dapat mengirimkan paket data.

Beginilah cara kerja router

Router bekerja dengan meneruskan paket atau data informasi. Ini memungkinkan router untuk menentukan arah rute yang harus dilalui informasi, terlepas dari apakah mereka berada di jaringan yang sama atau berbeda.

Jika informasi tujuan menunjuk ke jaringan yang berbeda, perute secara otomatis meneruskan ke jaringan itu. Jika / ketika paket tujuan berada di jaringan yang sama, router memblokir paket keluar dan kemudian meneruskan paket tersebut di jaringan yang sama hingga dikirim ke tujuannya. Beginilah cara kerja router di jaringan.

Sekian, dan terima kasih telah membaca definisi dari sebuah router, apa itu router, apa jenisnya, dan bagaimana cara kerjanya. Semoga apa yang dijelaskan semoga bermanfaat untuk anda

Sumber :