Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis

Pahami media sosial

pengertian-media-sosial

Media sosial adalah media online di mana pengguna dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan membuat konten seperti blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.

Pengertian Sosial Media Menurut Para Ahli

Menurut Antony Mayfield (2008)

Istilah media sosial adalah media yang penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi peran dan juga membuat peran, khususnya blog, jejaring sosial, wiki / ensiklopedia online, forum virtual, termasuk dunia maya (dengan avatar / karakter 3D).

Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlien

Istilah media sosial adalah sekumpulan aplikasi yang memiliki basis Internet berdasarkan ideologi dan teknologi Web 2.0, yang juga memungkinkan pembuatan dan pertukaran konten buatan pengguna.

Menurut Lisa Buyer

Istilah media sosial adalah bentuk humas yang paling transparan, menarik, dan interaktif saat ini

Menurut Sam Decker

Istilah media sosial adalah konten digital dan interaksi satu sama lain.

Menurut Marjorie Clayman

Istilah media sosial adalah alat pemasaran baru yang digunakan untuk mengidentifikasi pelanggan dan prospek dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Menurut Philip Kotler & Kevin Keller (2012: 568)

Definisi media sosial ini merupakan sarana bagi konsumen untuk mendapatkan berbagai informasi teks, gambar, video dan audio satu sama lain dan bahkan dengan perusahaan dan sebaliknya.

Setelah Henderi, Muhammad Yusup dan Yuliana Isma Graba (2007: 3)

Pengertian media sosial adalah situs jejaring sosial, seperti layanan berbasis web yang memungkinkan individu membuat profil publik dan semi-publik dalam sistem terbatas, membuat daftar pengguna lain yang terhubung dengannya, dan melihat serta mencari daftar pengguna mereka. Koneksi dibuat oleh orang lain ke suatu sistem.

Karakteristik media sosial

Berikut ciri-ciri atau ciri-ciri media sosial, diantaranya sebagai berikut:

Partisipasi

Media sosial ini mendorong postingan dan juga feedback dari setiap orang yang tertarik, atau bahkan tertarik untuk menggunakannya, sehingga dapat mengaburkan batasan antara media dan audiens.

keterbukaan

Sebagian besar media sosial terbuka untuk umpan balik dan partisipasi melalui pemungutan suara, berbagi, dan komentar. Terkadang pembatasan akses dan eksploitasi konten pesan (perlindungan kata sandi konten sering dianggap aneh).

percakapan

Media sosial ini memungkinkan percakapan dan pengguna berjalan dua arah.

Keterhubungan

Sebagian besar media sosial ini berkembang pesat karena memiliki fitur yang memungkinkan dilakukan asosiasi antar pengguna dengan menggunakan fitur tautan (link) ke situs web yang menjadi sumber informasi bagi pengguna lain.

Fungsi media sosial

Di bawah ini adalah fitur-fitur media sosial, diantaranya sebagai berikut:

  • Meningkatkan interaksi sosial manusia dengan menggunakan internet dan teknologi web
  • Konversi praktik komunikasi searah dengan media penyiaran dari satu lembaga media ke banyak kelompok sasaran (satu ke banyak) menjadi praktik komunikasi dialogis antara banyak kelompok sasaran (many to many).
  • Mendukung demokratisasi pengetahuan dan informasi.
  • Ubah orang dari pengguna konten berita menjadi pembuat berita itu sendiri.

Menurut Puntoadi (2011: 5) penggunaan media sosial memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Tidak ada trik atau keliru popularitas dalam membangun personal branding melalui media sosial seperti yang diputuskan oleh khalayak. Berbagai media sosial ini menjadi media bagi masyarakat untuk berkomunikasi, berdiskusi, bahkan mendapatkan popularitas di media sosial.
  • Memberikan kesempatan yang berfungsi sebagai interaksi yang lebih dekat dengan konsumen. Media sosial menawarkan lebih banyak konten komunikasi individual. Melalui media sosial, berbagai penjual dapat mengetahui kebiasaan konsumennya, juga melakukan interaksi ini secara langsung dan membangkitkan minat yang lebih dalam.

Jenis Media Sosial

Menurut Kotler & Keller, ada tiga (3) platform utama untuk media sosial yaitu:

Komunitas dan Forum Online

Ada berbagai bentuk dan ukuran komunitas dan forum online, banyak di antaranya dibuat oleh pelanggan atau sekelompok pelanggan tanpa kepentingan komersial atau afiliasi perusahaan. Beberapa komunitas dan forum online ini disponsori oleh perusahaan yang anggotanya saling berkomunikasi melalui postingan, pesan instan, serta obrolan yang membahas minat khusus terkait produk dan merek perusahaan.
Blog

Ada sekitar tiga juta pengguna blog dan mereka juga sangat beragam, ada yang blog pribadi untuk teman dekat dan keluarga, dan ada pula yang dirancang untuk menjangkau dan memengaruhi banyak orang.

Jaringan sosial

Jejaring sosial ini telah menjadi kekuatan penting dalam bisnis konsumen dan pemasaran bisnis-ke-bisnis. Salah satunya adalah Facebook, Messenger, Twitter dan lainnya. Jaringan yang berbeda ini menawarkan keuntungan yang berbeda bagi perusahaan.

Menurut Puntoadi (2011: 34), ada beberapa jenis media sosial, antara lain sebagai berikut:

Menandai

Bookmark ini memberikan kesempatan untuk berbagi tautan dan tag yang menarik. Hal ini bertujuan agar setiap orang dapat menikmati apa yang kita sukai.

Berbagi Konten

Melalui situs berbagi konten ini, orang membuat berbagai media serta publikasi untuk dibagikan kepada orang lain. YouTube dan Flikr adalah situs berbagi konten yang biasa dikunjungi banyak orang.

Wiki

Ini adalah situs yang memiliki berbagai karakteristik berbeda. Misalnya seperti situs berbagi pengetahuan, wikitravel yang fokus pada informasi tempat, serta konsep komunitas yang lebih eksklusif.

Flickr

adalah situs milik yahoo yang mengkhususkan diri dalam berbagi gambar dengan kontributor yang ahli di setiap bidang fotografi di seluruh dunia. Flickr membuat katalog foto untuk produk yang dipasarkan.

Jaringan sosial

Kegiatan yang menggunakan fitur yang disediakan oleh situs tertentu untuk menjalin hubungan, interaksi dengan orang lain. Situs jejaring sosial termasuk LinkedIn, Facebook, dan MySpace.

Menciptakan Opini

Media sosial ini menyediakan sarana berbagi pendapat dengan orang lain di seluruh dunia. Dengan cara menciptakan opini, semua orang ini bisa menjadi penulis, jurnalis, maupun komentator.

Menurut Kaplan dan Haenlein, jenis media sosial tersebut antara lain:

Kandungan

Pengguna situs ini mengklik setiap share konten media, misalnya seperti gambar, video, ebooks dan sebagainya.

Proyek Kolaborasi

Situs ini memungkinkan pengguna untuk mengubah, menambah, atau menghapus sejumlah kecil konten yang tersedia di situs web. Contohnya seperti wikipedia.

Blog dan Mikroblog

Pengguna bebas dalam mengungkapkan hal-hal misalnya seperti ventilasi atau mengkritik kebijakan pemerintah. misalnya twitter.

Dunia Game Virtual

Sebuah dunia virtual, dalam 3D, merepresentasikan pengguna dalam bentuk yang diinginkan dan juga berinteraksi dengan orang lain baik di dunia nyata.

Dunia Sosial Virtual

Dunia virtual tempat pengguna merasa hidup di dunia virtual, misalnya seperti dunia game virtual yang berinteraksi dengan orang lain. Namun dunia sosial maya ini lebih luas dan juga memiliki arah yang lebih ke arah kehidupan, misalnya seperti kehidupan kedua.

Dampak Media Sosial

Keberadaan media sosial tentunya memiliki dampak positif / baik sekaligus dampak negatif / buruk. Di bawah ini adalah dampak positif dan negatif dari media sosial, diantaranya sebagai berikut:

Dampak Positif Media Sosial

Di bawah ini adalah dampak positif dari media sosial antara lain:

  • Perkuat persahabatan
  • Berikan ruang untuk pesan positif. Media sosial telah banyak digunakan oleh para pemuka agama, motivator, dan juga ulama.
  • Biasakan teman.
  • Berikan informasi yang tepat dan akurat.
  • Meningkatkan wawasan dan pengetahuan.

Dampak Negatif Media Sosial

Di bawah ini adalah dampak negatif dari media sosial, diantaranya sebagai berikut:

  • Penipuan
  • Pornografi
  • Pelacuran
  • Cara paling efektif dan efisien untuk menyebarkan ideologi.
  • Anak-anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata.
  • Situs jejaring sosial adalah tempat bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan
  • Remaja dan anak-anak, mudah sekali mengeluarkan bahasa apapun di media sosial

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian media sosial, karakteristik, fungsi, jenis dan dampaknya, semoga penjelasan tentang media sosial diatas dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Sumber :