Pengertian Birokrasi, Ciri, Jenis, Karakteristik

Definisi birokrasi

pengertian-birokrasi

Dalam KBBI pengertian birokrasi dalam bahasa diartikan sebagai suatu sistem pemerintahan yang dilaksanakan oleh aparatur pemerintah karena sudah menganut jenjang dan jenjang jabatan.

Sedangkan birokrasi di Wikipedia ini berasal dari kata “birokrasi” yang artinya organisasi yang memiliki rantai komenado berbentuk piramida dengan lebih banyak orang di level bawah daripada level atas, hal ini biasanya ditemukan di instansi, mereka sipil atau militer.

Menurut para ahli, Michael G. Roskin et al. Menurutnya, definisi birokrasi adalah organisasi besar yang terdiri dari pejabat yang ditunjuk yang peran utamanya adalah melaksanakan atau melaksanakan (melaksanakan) tindakan yang diputuskan atau diambil oleh pengambil keputusan.

Dengan kata lain, birokrasi ini merupakan suatu struktur yang terorganisir atau sistem rasional yang dirancang untuk memungkinkan kebijakan publik yang efektif dan efisien.

Birokrasi berpedoman pada beberapa prosedur atau aturan yang bersifat tetap. Sedangkan perintah berupa hirarki kewenangan yang dilaksanakan atau mengalir dari atas ke bawah.

Birokrasi juga dikenal sebagai lembaga yang memberikan pelayanan publik (public service). Birokrasi terdiri dari individu-individu yang ditunjuk oleh eksekutif, dan posisi mereka selalu datang dan pergi. Dalam pengertian ini, orang-orang ini duduk di birokrasi karena mereka ditopang sesuai dengan prestasi kerjanya dan kadang-kadang dikeluarkan karena kinerjanya yang buruk.

Fitur birokrasi

Max Weber kemudian menyatakan bahwa ciri-ciri birokrasi ini antara lain:

  • Posisi administratif yang diatur atau diatur secara hierarkis.
  • Masing-masing posisi ini memiliki area tanggung jawabnya sendiri.
  • Pejabat ditunjuk dan tidak dipilih berdasarkan kualitas teknik yang ditunjukkan oleh ijazah atau ujian.
  • Pegawai negeri menerima gaji tetap berdasarkan pangkat atau jabatannya.
  • Pekerjaan adalah karier yang terbatas, atau pada dasarnya pekerjaan sebagai pegawai negeri.
  • Pejabat juga tidak punya kantor sendiri
  • Petugas harus bisa mengontrol dan disiplin
  • Promosi didasarkan pada pertimbangan keterampilan yang di atas rata-rata.

Jenis birokrasi pemerintahan

Tipus Amerika Serikat yang ideal adalah seseorang dapat melihat jenis-jenis birokrasi negara yang dapat digunakan untuk memisahkan jenis-jenis birokrasi. Jika Anda mengetahui tipes yang ideal, Anda bisa membandingkannya dengan birokrasi di Indonesia. Ada empat (4) jenis birokrasi di Amerika Serikat, yaitu:
Departemen dalam Kabinet (Departemen Kabinet)

Birokrasi terdiri atas beberapa lembaga birokrasi yang dibagi menurut tugasnya. Seperti Departemen Pertahanan, Departemen Pendidikan, Departemen Kesehatan, serta departemen lain yang bertugas melaksanakan pedoman pelaksanaan yang ditetapkan oleh eksekutif dan yudikatif.

Agen federal

Agen federal ini adalah ekspresi lain dari presiden sayap kanan. Badan tersebut didirikan atas dasar pemilihan Presiden yang berkuasa saat itu. Misalnya NASA dan FBI (Federal Bereau Investigation). Indonesia sendiri misalnya LAPAN (Lembaga Dirgantara Nasional) dan BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional).

Federal Corporation

Birokrasi jenis ini merupakan birokrasi yang menyatukan lembaga pemerintah dan lembaga ekonomi. Misalnya saja BUMN (Badan Usaha Milik Negara) di Indonesia. Garuda Indonesia Airways (GIA). Perusahaan Biro Kereta Api (PJKA). Bank Mandiri dan juga Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Otoritas pengawas independen

Regulator independen adalah birokrasi yang dibuat dengan tujuan untuk mengatur regulasi ekonomi dunia usaha. Contoh birokrasi tersebut di Indonesia adalah BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional), KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), KPPU (Komisi Pemantau Persaingan Usaha), KPU (Komisi Pemilihan Umum), KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) dan sebagainya.

Fitur birokrasi

Max Weber juga menjelaskan ciri-ciri ideal birokrasi, antara lain sebagai berikut:

  • Bekerja dengan ketat pada aturan (aturan)
  • Tugas khusus (spesialisasi)
  • Kaku dan sederhana (zakeliik)
  • Dikelola secara formal (secara formal)
  • Diatur dari atas ke bawah (heirarchi)
  • Tunduk pada logika (rasional)
  • Sentralisasi (otorithy)
  • Taat dan taat (ketaatan)
  • Disiplin (disiplin)
  • Terstruktur (sistematis)
  • Acak (impersonal)

Peran birokrasi dalam pemerintahan modern

Michael G. Roskin dkk. Disadari bahwa birokrasi memegang peranan penting dalam pemerintahan modern. Peran birokrasi dalam pemerintahan modern meliputi:

  • administrasi
    Peran administrasi pemerintahan modern meliputi kegiatan atau kegiatan administratif, pengaturan, pelayanan, perizinan, dan pengumpulan informasi.
  • layanan
    Tujuan birokrasi ini adalah untuk melayani masyarakat atau kelompok tertentu. Salah satu contohnya di Indonesia adalah Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG).
  • Pengaturan (regulasi)
    Peran regulasi dari birokrasi adalah untuk memastikan kebaikan bersama.
  • pengumpulan informasi
    Badan birokrasi inilah yang digunakan sebagai ujung tombak dalam perjalanan kebijakan suatu negara untuk menyediakan data kebijakan tentang berbagai pelanggaran atau kebutuhan untuk menetapkan kebijakan baru berdasarkan fakta.

Menurut Andrew Heywood, peran birokrasi adalah sebagai berikut:

  • Lakukan administrasi
  • Saran kebijakan
  • Artikulasi minat
  • Stabilitas politik

Sekian dan terima kasih telah membaca tentang pengertian birokrasi, karakteristik, jenis, ciri dan peran. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Sumber :