Pengertian Aplikasi, Jenis, Fungsi dan Menurut Para Ahli

Definisi Aplikasi

pengertian-aplikasi

Aplikasi ini merupakan program yang siap digunakan / digunakan, dibuat untuk dapat menjalankan perintah pengguna. Arti lain dari aplikasi ini adalah kumpulan program yang dibuat untuk dapat melakukan pekerjaan khusus yang diperintahkan oleh pengguna. Atau bisa juga dikatakan bahwa aplikasi ini merupakan sebuah perangkat lunak (software) yang dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia. Selain dapat membantu dan mempercepat proses kerja manusia, aplikasi ini juga dapat memberikan hasil yang lebih akurat dalam menyelesaikan masalah.

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian aplikasi menurut para ahli, diantaranya:

1). Harip Santoso

Aplikasi ini merupakan sekumpulan file (form, class, report) yang bertujuan untuk dapat melakukan aktivitas atau aktivitas tertentu yang saling berhubungan, misalnya dengan aplikasi penggajian, aplikasi aset tetap, dll.

2). saya bisa

ini merupakan alat untuk mempermudah dan juga mempercepat proses kerja dan juga tidak menjadi beban bagi pemakainya

3). Hengky W. Pramana

Aplikasi ini merupakan suatu kesatuan perangkat lunak (software) yang dibuat untuk dapat / dapat melayani kebutuhan dari beberapa kegiatan misalnya seperti sistem komersial, permainan layanan masyarakat, periklanan atau juga semua proses yang hampir dilakukan oleh manusia.

4). Ali Zaki dan Smitdey Comunity

Aplikasi ini merupakan komponen yang berguna yaitu sebagai media untuk melakukan pengolahan data atau juga berbagai kegiatan lainnya misalnya seperti membuat atau mengolah dokumen dan file.

5). Sri Widianti

Aplikasi ini merupakan suatu perangkat lunak atau software yang tugasnya sebagai end font pada suatu sistem yang digunakan untuk dapat mengolah berbagai macam data sehingga menjadi informasi yang berguna bagi pemakai (user) maupun sistem yang terkait.

Jenis aplikasi

Di bawah ini adalah jenis aplikasi termasuk yang berikut ini

1). Aplikasi Desktop

Saat ini banyak aplikasi desktop yang tersedia dan dapat / dapat dikategorikan ke dalam beberapa kategori. Beberapa aplikasi desktop ini memiliki banyak fitur (misalnya, seperti Microsoft Word), dan aplikasi desktop lainnya hanya memiliki satu atau dua fitur (contohnya seperti aplikasi jam atau kalender).

2). Aplikasi Grafik

Merupakan program untuk dapat mengolah data berformat citra baik dengan membuat citra baru atau juga mampu merubah citra yang telah dibuat sebelumnya.

3). Aplikasi Browser Web

Ini merupakan bagian penting dari internet yaitu sebagai komunitas jaringan komputer yang menyediakan layanan http. Dengan cara ini, definisi teknis dari world wide web adalah semua sumber daya dan semua pengguna di internet yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

4). Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia ini merupakan salah satu media hiburan yang dapat / dapat kita gunakan. Jika kita ingin mendengarkan musik MP3 atau juga menonton film yang sudah kita download, maka kita bisa / bisa menggunakan aplikasi ini untuk menikmatinya. Windows Media Player dan iTunes adalah aplikasi pemutar media yang populer saat ini.

5). Aplikasi komunikasi

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan paling populer. Aplikasi ini digunakan agar manusia dapat berkomunikasi dengan pengguna komputer, smartphone atau gadget lainnya. Contohnya seperti aplikasi komunikasi ini antara lain Line, Whatsapp, BBM dll.

6). Aplikasi DBMS

Aplikasi DBMS (Database Management System) ini digunakan / digunakan untuk menyimpan data, mengolah data dan menghasilkan keluaran berupa informasi. Aplikasi seperti ini tersedia secara gratis, namun ada pula yang berbayar. Contohnya seperti MySQL, Microsoft Access, Oracle, Foxpro dll.

Fungsi Aplikasi

Fungsi dari aplikasi ini akan dijelaskan sebagai berikut:

1). pendidikan

Aplikasi ini dapat / dapat digunakan sebagai bahan ajar. Misalnya membuat penyajian materi yang dilengkapi dengan animasi agar lebih menarik dengan menggunakan / menggunakan microsoft powerpoint. Dengan demikian suasana mengajar juga akan memberikan kenyamanan dan juga mencapai hasil yang maksimal.

2). Medis

Tidak ada yang menyangka bahwa ada aplikasi yang dikembangkan secara khusus hanya di bidang kedokteran. Misalnya, ada aplikasi untuk bisa mendiagnosis penyakit, menawarkan perawatan rutin, bahkan obat campuran. Lewat sini. Anda dapat / dapat memeriksa diri sendiri menggunakan aplikasi ini.

3). Bisnis

Dalam sebuah bisnis, perlu dihitung besarnya keuntungan yang diperoleh. Jika keuntungan tersebut dihitung secara manual tentu akan memakan waktu lama. Oleh karena itu diperlukan suatu aplikasi untuk dapat menghitung besarnya manfaat tersebut.

4). ilmu

Dengan adanya aplikasi ini semakin memudahkan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan. jika Anda ingin menjelajahi bagian sains ini. Ini dapat membantu Anda memperluas wawasan Anda.

5). militer

Di zaman modern ini, banyak aplikasi yang dikembangkan secara khusus di bidang pertahanan. Misalnya untuk bisa mengendalikan pesawat yang tidak lagi dioperasikan secara manual melainkan dengan bantuan aplikasi. Dengan cara ini akan memaksimalkan hasil yang akan Anda dapatkan.

Oleh karena itu, semoga penjelasan pengertian aplikasi, jenis, fitur, dan penilaian ahli dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih

Sumber :