Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, Kelebihan

Pahami pasar oligopoli

pasar-oligopoli

Pentingnya pasar oligopoli adalah di mana ada banyak produsen / penjual yang mengendalikan pasar dengan banyak konsumen atau pembeli.

Pengertian oligopoli pasar merupakan salah satu bentuk persaingan tidak sempurna dimana barang yang dijual di pasar tersebut homogen atau sulit dibedakan walaupun terdapat beberapa produsen. Jenis pasar ini biasanya didominasi oleh lebih dari dua produsen, tetapi tidak lebih dari sepuluh (10) produsen.

Pada prinsipnya pabrikan melakukan promosi atau periklanan di pasar oligopoli yang aktif ini, karena produk yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan dapat saling menggantikan. Melalui iklan atau promosi, produsen membentuk persepsi konsumen tentang perbedaan antara produk dan produk lain di pasar.

Persaingan yang ketat antar produsen di pasar oligopoli ini menyebabkan mereka menggunakan berbagai macam upaya atau trik agar dapat bertahan hidup. Persaingan di pasar mempengaruhi penentuan harga produk yang dijual. Ketika satu perusahaan memotong harga, begitu pula perusahaan lainnya agar tidak kehilangan konsumen.

Karakteristik pasar oligopoli

Cukup sulit untuk membedakan pasar oligopoli kompetitif dari bentuk pasar lainnya. Namun demikian, masih ada beberapa karakteristik pasar jenis ini yang dapat diidentifikasi.

Berdasarkan pengertian yang diuraikan di atas, ciri-ciri pasar oligopoli ini antara lain:

  • Secara umum, lebih dari dua pabrikan (tetapi kurang dari sepuluh) mendominasi pasar ini.
  • Jenis produk yang dijual di pasar ini homogen dan dapat saling menggantikan. Misalnya sabun mandi dengan berbagai bentuk, warna dan rasa.
  • Kebijakan produsen utama yang menguasai pasar biasanya mempengaruhi kebijakan produsen lain.
  • Harga barang di pasar ini biasanya sama atau hanya ada sedikit perbedaan.
  • Produsen atau penjual baru akan merasa sangat sulit untuk memasuki pasar ini karena produsen lama biasanya memainkan harga untuk menarik lebih banyak konsumen.
  • Untuk dapat bertahan di pasar ini diperlukan strategi periklanan dan periklanan serta inovasi yang berkelanjutan.

Jenis pasar oligopoli

Secara umum terdapat dua jenis pasar persaingan oligopoli, diantaranya sebagai berikut:

1. Pasar oligopoli murni

Jenis pasar ini disebut juga Oligopoli Murni. Ini semacam pasar dimana ada beberapa pabrikan yang produknya identik atau sama, sehingga sulit dibedakan.

Untuk bisa mengenali produk perusahaan tertentu maka brand atau brand pada kemasan produk harus dilihat. Contohnya adalah industri air mineral, semen, seng dan lain-lain.

2. Pasar oligopoli yang dibedakan

Jenis pasar ini disebut juga oligopoli terdiferensiasi, yaitu pasar yang di dalamnya terdapat beberapa produsen yang produk yang dijualnya homogen.

Kualitas produk di pasar jenis ini sangat sulit dibedakan, tetapi dapat dibedakan dari polanya. Contohnya adalah industri sabun, rokok, sepeda motor dan lainnya.

Keuntungan dan kerugian dari pasar oligopoli

Tentunya semua jenis pasar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal yang sama berlaku untuk jenis pasar oligopoli ini.

Sesuai dengan pembahasan di atas, pro dan kontra pasar oligopoli adalah sebagai berikut:

1. Keuntungan dari pasar oligopoli

Konsumen dapat memilih produk sesuai dengan kesukaannya karena pasar ini menawarkan banyak peluang.
Persaingan yang ketat antar produsen ini memberikan keunggulan tersendiri bagi konsumen, yaitu kesadaran produsen akan pentingnya produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.
Pada umumnya produsen di pasar oligopoli ini melakukan inovasi produk dan jasanya sedemikian rupa sehingga produk tersebut terus berkembang dengan sendirinya.

2. Kerugian dari pasar oligopoli

Produsen baru akan kesulitan memasuki pasar ini karena persaingan sangat ketat.
Seringkali terjadi perang harga antar produsen untuk menarik lebih banyak konsumen.
Butuh modal yang tidak sedikit untuk dapat menjalankan promosi / iklan secara terus menerus agar konsumen dapat mengetahui / mengingat produk dan dapat dibedakan dengan produk dari produsen lain.

Sekian, terima kasih telah membaca tentang pengertian pasar oligopoli, jenis, ciri, kelebihan dan kekurangannya. Semoga apa yang telah dijelaskan diatas semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber :