Metode Mind Mapping: Cara Cermat Belajar Cepat, Yuk Dicoba!

Metode Mind Mapping: Cara Cermat Belajar Cepat, Ayo Coba!

Metode Mind Mapping: Cara Cermat Belajar Cepat, Yuk Dicoba!
Manfaat Pemetaan Pikiran

1. Tingkatkan daya ingat kita lebih detail

pemetaan pikiran – mengembangkan ide untuk Memori yang Lebih Baik (Sumber: um.edu.mt)

Dengan mind mapping akan membantu kita untuk mengingat secara detail dengan lebih baik. Mengapa? Karena dengan mind mapping kita belajar menggunakan otak kanan yang melibatkan imajinasi, visualisasi, kreativitas, dan berhubungan langsung dengan otak bawah sadar sehingga lebih mudah diingat.

Selain itu, dengan teknik pembelajaran ini, pikiran kita akan terfokus pada topik utama dan kemudian mengasosiasikannya dengan kata kunci tertentu dari suatu pelajaran. Hal ini tentunya akan memudahkan kita untuk mengingatnya karena kita fokus pada poin-poin penting dan merangkumnya menjadi sebuah peta konsep yang sederhana.

Baca juga: 7 Tips Agar Kamu Lebih Konsentrasi Dalam Belajar

2. Materi yang sulit menjadi lebih mudah untuk dikuasai

Yang membuat kita sulit memahami suatu pelajaran seringkali karena kita tidak memahami gambaran besar materi. Jadi, walaupun ingin mempelajarinya berulang-ulang, rasanya masih ada saja yang kurang paham atau malah lupa begitu saja.

Anda pasti pernah mengalami kesulitan dalam memahami suatu materi, tetapi ketika Anda mendapatkan kata kunci, lebih mudah untuk memahaminya? Nah, dengan mind mapping, kita belajar dengan menggunakan kata kunci untuk mendeskripsikan setiap materi agar lebih mudah dipahami. Jadi, ingat saja satu kata kunci dan Anda akan mengerti semuanya. Hore!

3. Belajar dengan cara yang kreatif, lebih menyenangkan!

Belajar dengan mind mapping tentu lebih menyenangkan karena melibatkan kreativitas. Mungkin saat belajar, kita akan cepat bosan dan kehilangan semangat untuk membaca buku yang hanya berisi tulisan. Tapi, ketika kita belajar dari peta pikiran yang telah dibuat setiap selesai belajar, kita pasti akan lebih semangat. Apalagi jika Anda menggunakan warna yang Anda sukai dan dilengkapi dengan gambar-gambar lucu, belajar berulang-ulang tetap menarik bukan? Ha ha.

Cara Membuat Peta Pikiran

Nah, daripada penasaran, yuk coba bikin mind map versi kamu sendiri. Bagaimana melakukan? Caranya mudah, Anda cukup melakukan hal berikut:

1. Siapkan alat tulis, warna lebih asyik!

cara membuat mind mapping Pulpen Berwarna (Sumber: aliexpress.com)

Untuk memulai mind mapping, persiapannya mudah! Pertama, siapkan kertas yang siap dicorat-coret, prioritaskan kertas biasa agar bisa bebas berimajinasi. Kedua, tentu saja pensil atau spidol warna-warni agar terlihat lebih menarik! Dan… jangan lupa semangat belajar agar tetap fokus, hihi.

Baca juga: 5 Tips Belajar Ala Hermione Granger, Sahabat Harry Potter yang Pintar

2. Mulai dari topik utama

topik peta pikiran Peta pikiran (Sumber: tonybuzan.com)

Setelah semuanya siap, mulailah mind mapping dengan menuliskan topik utama di tengah halaman. Dari situ baru mulai berkembang menjadi subtopik terkait dan turunannya. Misalnya kamu belajar Biologi, maka topik utamanya adalah bagaimana makhluk hidup berkembang. Artinya, subtopik dibagi menjadi generatif dan vegetatif. Turunan untuk vegetatif misalnya tumbuhan dan hewan, dan sebagainya.

3. Gunakan satu kata atau frasa

cara membuat mind mappingGunakan satu kata atau satu frase saja (Sumber: mustachemagazine.com)

Coba gunakan satu kata atau frase untuk setiap subtopik atau turunannya, ya! Mengapa? Tentunya untuk memudahkan Anda dalam mengingatnya. Jika Anda menggunakan kata-kata yang terlalu panjang atau rumit, tentu akan menghambat Anda untuk menghafalnya, bukan?

4. Berkreasilah dengan ilustrasi dan warna

cara membuat mind map – menggunakan ilustrasiMembuat ilustrasi sederhana pada mind map (Sumber: primeeducation.com.au)

Kamu bisa mencobanya dengan memberikan ilustrasi sederhana agar peta pikiranmu lebih seru! Jangan lupa untuk menggunakan warna yang berbeda untuk setiap baris subtopik, agar lebih menarik secara visual. Semakin kreatif Anda, semakin menarik peta pikiran Anda.

Ya, itulah manfaat dan cara belajar cepat dengan mind map. Dengan membiasakan diri membuat peta pikiran, cara berpikir Anda lambat laun akan terstruktur. Sehingga akan lebih mudah untuk memahami keterkaitan antara berbagai topik dan subtopik yang telah dibuat.

Oh iya, di aplikasi Ruangguru juga ada fitur yang bisa membantu kamu membuat jadwal belajar. Dengan jadwal belajar yang tertata dengan baik, Anda akan lebih mudah menentukan prioritas belajar Anda. Nah, setelah itu kamu lebih mudah membuat mind map. Lalu kalau di tengah-tengah pembelajaran merasa kesulitan, jangan bingung, berlangganan saja ke Ruanglesonline, materi yang bingung bisa ditanyakan ke tutor disana.

Sumber :