Hal Yang Dapat Dilakukan Pengajar Dalam Mengurangi Rasa Bosan Siswa

Hal-Hal yang Dapat Dilakukan Guru untuk Mengurangi Kebosanan Siswa Mendengarkan

mengurangi-rasa-bosan

Mungkin sebagian teman IBI (ilmuBahasainggris.com) adalah guru.

Tidak heran jika salah satu guru atau siswa pernah merasa bosan atau bosan saat mengajar atau belajar bahasa Inggris.

Atau malah bingung dengan pelajaran yang monoton?

Monoton hanya belajar grammar, membaca, berbicara dan lain-lain, sehingga teman IBI (ilmuBahasainggris.com) sebagai guru sangat bosan dengan monoton, begitu juga para siswa. Sahabat IBI (ilmuBahasainggris.com) sebagai guru bosan, apalagi siswa? Mereka melakukan itu juga… dan mereka bahkan lebih enggan untuk belajar di kelas.

Hal ini dapat mempengaruhi mood siswa untuk belajar, sehingga menyulitkan siswa untuk mengambil kelas dalam keadaan tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menawarkan pelajaran kepada siswa dalam bentuk lagu bahasa Inggris. Intinya sekali – sekali teman IBI (ilmuBahasainggris.com) bisa mengganti pelajaran listening atau menambahkan lagu atau materi lagu ke pelajaran listening.

Untuk menikmati suasana dan keadaan kelas, terutama suasana hati siswa, dan untuk berada dalam suasana hati yang baik untuk belajar bahasa Inggris, terutama melalui lagu-lagu bahasa Inggris atau lagu-lagu bahasa Inggris, berikut adalah beberapa trik sederhana untuk membantu siswa belajar lagu-lagu bahasa Inggris.

Langkah sederhana yang dapat dilakukan guru agar siswa tidak bosan belajar mendengarkan di kelas bahasa Inggris

Berikan lirik kepada siswa

Dalam trik ini, teman IBI (ilmuBahasainggris.com) yang bertindak sebagai guru perlu membuat lirik lagu semenarik mungkin dan membuat kata-kata kosong yang perlu diisi oleh siswa sehingga dengan begitu siswa lebih bersemangat Mendengarkan dan mengisi kata-kata kosong dari lagu yang ditulis.

Sebagai contoh :

  • Sembuhkan Dunia – Oleh Michael Jackson
  • paduan suara:
  • Menyembuhkan dunia
  • Buatlah (………………..)
  • Untukmu dan untukku dan (……………………….)
  • (……………………..) Orang orang mati
  • Jika Anda (……… ..) untuk mencari nafkah
  • Jadikan tempat yang lebih baik untukmu dan aku

Dari contoh teks lagu di atas, siswa perlu mengisi kata-kata kosong dalam teks lagu dan menafsirkannya agar siswa dapat memahami makna lagu tersebut. Ini akan meningkatkan mood siswa saat mereka belajar bahasa Inggris. Setelah siswa mendengar lagu tersebut, bernyanyi bersama dan mengisi kata-kata yang kosong, mengulas dan mendiskusikan bersama kata-kata yang telah diisi oleh siswa, kemudian memberikan jawaban yang benar.

Setelah itu, agar siswa dapat menikmati proses pembelajaran dan mengembangkan semangatnya terhadap bahasa Inggris, ajaklah mereka untuk bernyanyi bersama agar mereka juga dapat berlatih dan belajar pengucapan dalam lagu-lagu bahasa Inggris yang dimainkan di kelas.

Demikian pembahasan materi kali ini “Hal-hal yang dapat dilakukan guru untuk mengurangi kebosanan siswa saat belajar menyimak”.

Sumber :