14 Cara Menanam Mangga Cangkokan Agar Cepat Berbuah

14 Cara Menanam Mangga Transplantasi Agar Cepat Berbuah dan Berjenis

14 Cara Menanam Mangga Cangkokan Agar Cepat Berbuah

Cara menanam mangga

Mangga sebagai sumber vitamin dan mineral kesehatan esensial, mangga juga merupakan komoditas yang bernilai ekonomi tinggi.
Deskripsi buah mangga

Mangga adalah nama sejenis buah sekaligus nama pohonnya. Mangga termasuk dalam genus Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardicara menanam mangga dari biji Theaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica. Nama ini kira-kira berarti “(pohon) yang memiliki buah mangga berasal dari India”.

Pohon mangga adalah tumbuhan tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk dalam kelompok Arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang memiliki tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga dapat mencapai ketinggian antara 10 dan 40 m.

Cara Menanam Mangga Transplantasi Agar Cepat Berbuah
kondisi umum

Tanaman mangga termasuk batang dari suku Anarcadiaceae, membentuk pohon setinggi 10-40 meter dengan diameter batang sekitar 80-100 cm. Batangnya berwarna abu-abu, kulit batangnya tidak rata dan getahnya berwarna putih bening. Kondisi yang sulit tidak diperlukan untuk pertumbuhannya, tanaman dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 300-500 m dpl, terutama pada tanah gembur dengan pH 5-6 dan disiram dengan baik. Iklim yang diperlukan untuk pertumbuhannya adalah iklim dengan masa kering sekitar 3-4 bulan.
jenis mangga

Mangga memiliki banyak varietas antara lain:

Kotoran mangga (Arumanis)
Silakan minum secangkir
Tolong lihat
Apa yang kamu tunggu
madu mangga
tolong dong

Siapkan bahan/bibit tanaman

Tanaman mangga dapat diperbanyak dengan 3 cara, yaitu:

Dengan biji: dengan memanfaatkan sifat poliembrionik biji mangga. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan murah, karena dari satu biji dapat diperoleh lebih dari 2 biji atau tanaman baru. Pemuliaan dengan cara ini tidak direkomendasikan karena hanya satu produksi (7 tahun) yang memungkinkan dan karakteristik Hukum Mendell tentang Segregasi sering berbeda dari induknya. Pada umumnya cara ini digunakan untuk membantu dalam memperoleh tumpuan untuk tujuan penyambungan.
Cara menanam transplantasi mangga
Cara menanam transplantasi mangga

Metode :

Batang terpilih dicangkok dan dipotong serta dikuliti, lebar stek 7-10 cm. Pemotongan dilakukan agar terlihat berkayu dengan menekuk lapisan batang kambium. Kemudian sayatan dibiarkan mengering selama 2-4 hari, kemudian campuran tanah dan pupuk ditempatkan di sekitar sayatan dan dibungkus dengan plastik berlubang atau kemasan lainnya.

Jika cangkok dipaksa masuk musim kemarau, cangkok akan selalu diairi. Biasanya cangkok berakar setelah 2-3 bulan dan dapat dipotong untuk ditanam nanti. Penanaman bisa dilakukan langsung di lapangan jika lubang tanam sudah disiapkan terlebih dahulu atau disimpan dalam kantong plastik.

Beberapa kelebihan dari perbanyakan tanaman dengan sistem okulasi adalah hasil yang sama dengan pohon induknya, sehingga menghasilkan pohon yang pendek dan cepat. Kelemahan; Pohon induk sering digugurkan karena banyak cabang yang diambil, biji yang besar tidak dapat diperoleh, bila tidak sengaja dicangkok, cangkok sering gagal, akarnya dangkal, penyakit menular terus, membutuhkan banyak tenaga dan waktu dibandingkan dengan cara lain.

Sumber :