Tips Liburan Karimunjawa Bagi Pemula

Tips liburan ke Karimun Jawa

Tips Liburan Karimunjawa Bagi Pemula

Tips liburan di Karimun Jawa bisa Anda pertimbangkan. Kawasan wisata di Jawa Tengah ini memang menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan alam bawah laut tidak bisa dibohongi, semua orang pasti akan tertarik untuk mengunjunginya.

Sebelum datang, perhatikan waktu terbaik untuk mengunjungi pulau yang dikenal sebagai Karibia Jawa ini. Sebagai negara kepulauan, moda transportasi utama yang bisa Anda gunakan adalah kapal dengan ombak tinggi yang akan menghambat perjalanan Anda.

Jika Anda tidak ingin berada pada jadwal yang kacau, sebaiknya sesuaikan waktu kunjungan Anda dengan kondisi air laut. Anda dapat menggunakan website BMKG untuk mengetahui kondisi cuaca pada hari keberangkatan. Anda juga mendapat manfaat dari ini, karena matahari terbenam, Bima Sakti, dan pemandangan air laut juga terpengaruh.

Menentukan waktu yang tepat juga menghemat biaya perjalanan. Menyewa jasa pemandu wisata tidak memberi Anda jaminan perjalanan. Jika cuaca memburuk di tengah jalan, semua jadwal akan berubah. Namun, jika Anda bepergian dengan cara backpacker, anggaran Anda akan membengkak.

Transportasi prioritas
Foto: https://www.instagram.com/eni_karimunjawa/

Ada banyak cara untuk menuju Karimun Jawa baik dari Semarang atau Jepara. Jika Anda berangkat dari Jakarta atau Surabaya. Cara terbaik adalah naik kereta dan turun di stasiun Semarang. Alasan utamanya adalah untuk menghemat energi karena harus melanjutkan perjalanan kembali.

Setibanya di Semarang, ada dua pilihan transportasi yang bisa dipilih. Dengan pesawat yang beroperasi setiap Rabu, Jumat dan Minggu. Untuk harga mulai dari Rp. 600.000,-. Atau Anda bisa naik kapal dari Pelabuhan Tanjung Mas yang berangkat setiap hari Kamis dan Sabtu dengan Kapal Kartini.

Pilihan lainnya adalah menuju Jepara melalui pelabuhan pantai Kartini. Ada dua penyeberangan feri terjadwal dari sini. Sayangnya hanya ada 1 penyeberangan per hari. Jadi cobalah untuk tidak terlambat.

Perhatikan juga pembelian tiketnya. Jika Anda menggunakan layanan tur, tiket sudah ada di tangan secara otomatis. Sedangkan untuk backpacker, Anda harus membeli tiket secara langsung. Oleh karena itu, perhatikan waktu keberangkatan kapal. Agar Anda tidak sampai ke pelabuhan terlalu dini dan tidak membuang waktu Anda.
pilih akomodasi
Foto: https://www.instagram.com/thebodhitreehostel/

Tips liburan yang paling penting untuk diperhatikan di Karimun Jawa adalah soal akomodasi. Ingatlah bahwa tempat ini adalah tempat yang populer untuk bersantai. Jadi saat liburan sekolah atau akhir pekan pasti akan ramai dikunjungi wisatawan.

Jika Anda memutuskan untuk menginap di hotel, pastikan penginapan Anda tidak penuh. Kami lebih suka membeli secara online. Kemudian sesuaikan dengan budget Anda dan. Tersedia juga disini dengan berbagai rentang harga, mulai dari Rp. 100.000 sampai Rp. 1.000.000.

Dari segi perlengkapan juga berbeda. Temukan akomodasi di dekat tujuan Anda. Jangan pergi terlalu jauh karena liburan Anda akan berakhir di tengah jalan. Setiap pulau memiliki rentang waktu dari 30 menit hingga 120 menit. Mungkin ada lebih banyak jika ombaknya tidak baik.

Jika ingin backpacker ke sini, jangan lupa sediakan tenda dan segala perlengkapannya. Tidak ada salahnya mencari tahu terlebih dahulu apakah pulau yang akan Anda kunjungi aman untuk mendirikan tenda atau tidak. Karena sebagian wilayahnya masih berupa hutan. Jadi kawanan hewan liar pasti sudah banyak yang merambah.

Jangan lupa membawa kantong sampah. Sebagai tempat sampah untuk semua sampah Anda. Bawa ke dermaga utama dan buang di tempatnya. Jaga kebersihan alam Karimun Jawa, karena kalau bukan kita siapa lagi?
Perhatikan kondisi perangkat elektronik
Foto: https://www.instagram.com/boombapart/

Tips berwisata ke Karimun Jawa selanjutnya adalah dengan memperhatikan peralatan elektronik yang Anda bawa. Seperti ponsel, kamera atau GoPro. Ini sangat penting untuk kebutuhan foto dan video. Karena tempat ini masih sulit mendapatkan listrik. Maksimal 12 jam dalam satu hari.

Kadang hanya 6 jam, bahkan dari jam 6 sore. sampai jam 12 malam Jadi Anda harus pandai mengelola baterai di perangkat elektronik. Sehingga momen langka bisa diabadikan. Saran kami, bawalah baterai cadangan dan juga power bank.

Saat ini, sinyal seluler di lokasi ini sudah didukung oleh 4G. Namun, hanya beberapa penyedia. Jika ada kartu ponsel, tidak ada sinyal. Lebih baik jika paket data dinonaktifkan. Paket data terkuras lebih cepat daripada menggunakan foto dan video

Sumber :