Cara menghemat kuota saat menggunakan WhatsApp

Halo gaes! Kalian pada sadar tidak sich jika WA ialah program yang tersering kita gunakan di kehidupan setiap hari? Yup, sekarang ini nyaris semuanya orang tentu punyai WA. WhatsApp diputuskan beberapa orang karena program ini sediakan banyak feature yang memikat dan ongkosnya pemakaiannya yang relatif murah.

Untuk memakai WhatsApp, kamu perlu beli paket internet. Tidak ada ongkos yang lain perlu dikeluarkan, cuman paket saja.

Walau makin hari harga paket internet makin murah, tetapi sebanding lempeng, pemakaian paket kitapun makin bertambah.

Walau telah “murah”, tetapi pernah tidak sich kamu mengeluhkan karena paket internetmu cepat habis walau sebenarnya hanya digunakan membuka WA doang? Tenang, di sini saya akan kasih panduan agar kamu dapat semakin mengirit kuotamu saat memakai WhatsApp.

Langsung saja yok baca keterangan berikut baik ya.

Nonaktifkan auto-download agar WhatsApp hemat kuota

Feature Auto Unduh ini umumnya akan automatis berpijar saat kamu baru pertama kalinya memakai WhatsApp. Jika feature ini berpijar, karena itu semua media seperti photo, video, dan document yang masuk ke WhatsApp-mu akan terdownload secara automatis.

Nach, rugi pertama, kuotamu pasti cepat habis karena harus download semua media, baik yang memiliki ukuran kecil atau besar. Rugi ke-2 ialah memory HP juga pasti mudah penuh.

Maka seharusnya kamu mematikan feature auto unduh ini, minimum saat memakai data mobile. Ingin tahu bagaimana triknya? Baca panduan berikut ya.

Tap menu ‘titik tiga’ yang ada di sudut atas kanan.

2. Tap menu ‘setelan’ atau ‘setting’.

3. Tap menu ‘Penyimpanan dan Data’.

4. Tap menu ‘Saat Memakai Data Seluler’.

5. Menghilangkan semua pertanda contreng yang ada di photo, audio, video, atau document. Lantas tap ‘OKE’.

6. Usai.

Dengan ini, WhatsApp tidak download semua media secara automatis. Tetapi, kamu tetap dapat download dengan manual dengan click pada media yang ingin kamu unduh.

Di sini kamu dapat pilih sendiri beberapa media yang menurutmu penting. Disamping itu kamu dapat menghindar kiriman video atau foto spamming yang membuat memorimu semakin penuh. Oke sekali kan?

2. Aktifkan Feature Low Data Usage

Tanpa kita ketahui, rupanya salah satunya argumen paket whatsapp cepat habis ialah karena banyak terhisap saat kita lakukan panggilan suara atau video call. Tetapi untungnya, whatsapp punyai feature low data usage yang dapat digunakan untuk mengirit pemakaian paket.

Feature low data usage ini akan menolongmu mengirit paket whatsapp dengan tekan pemakaian data saat lakukan panggilan telephone atau video call.

Di bawah ini beberapa langkah aktifkan feature ini.

Ke menu ‘setelan’, lalu tentukan menu ‘Penyimpanan dan Data’.

2. Tap menu ‘Kurangi pemakaian data panggilan’ sampai warna hijau seperti gambar berikut ini.

3. Usai.

Dengan aktifkan feature ini, kuotamu semakin lebih irit sob. Tetapi, di lain sisi ada resikonya juga. Kualitas panggilan suara dan video call akan menyusut. Berapa banyak kwalitasnya menyusut, kamu dapat mencoba sendiri, apabila menurutmu kwalitasnya terlampau jelek untuk dipakai, kamu dapat matikan feature ini.

3. Awasi Pemakaian Data di Program WhatsApp

WhatsApp memberikan keringanan pada kita untuk menyaksikan jumlah paket yang kepakai sepanjang memakai WhatsApp. Karena ada feature ini, kita dapat mengawasi dan mengatur pemakaian paket untuk WhatsApp. Lantas, bagaimanakah cara menyaksikannya? Yok baca triknya di bawah ini.

Ke menu “Penyimpanan dan Data”.

2. Tap menu ‘Penggunaan Jaringan’.

3. Seterusnya akan ada catatan statistik keseluruhan pemakaian jaringan pada WhatsApp-mu.

Di sini kamu bisa juga ketahui seberapa banyak paket yang habis untuk lakukan panggilan, media, pencadangan google drive, pesan, status, dan roaming.

Manfaatkan fitur Low Data Usage di WhatsApp

Pada gambar di atas, kita dapat saksikan jika kuotaku terbanyak digunakan untuk menyaksikan atau mengupload status dan untuk lakukan pencadangan pesan ke google drive.

Nach, dengan ini saya dapat mengatur pemakaian kuotaku dengan kurangi menyaksikan status dan atur pencadangan pesan ke google drive. Tetapi, kamu sudah tahu belum sich bagaimana triknya atur pencadangan pesan? Jika belum mengetahui, janganlah lupa baca panduan seterusnya ya.

4. Atur Pencadangan Data WhatsApp kamu

Nach, salah satunya argumen besar yang jadikan kuotamu boros ialah pencadangan pesan yang sudah dilakukan whatsapp secara automatis sehari-harinya.

Pencadangan data ini umumnya diawali pada jam 02.00 pagi hari sampai usai, bergantung besarnya pesan yang dicadangkan dan kecepatan internet yang kamu punyai.

Makin besar data (pesan, photo, video, dan lain-lain dalam chat kamu) yang perlu dicadangkan, maka semakin besar paket yang hendak terhisap.

Coba bayangin jika tiap hari kuotamu habis cuman untuk menyimpan pesan? Tentu sayang sekali kan ya? Maka kamu harus atur pencadangan pesan ini dengan ikuti panduan di bawah ini.

Ke menu ‘setelan’ dan click menu ‘Chat’.
2. Tap menu ‘Cadangan Pesan’.

3. Tap menu ‘Cadangkan Melalui’.

4. Tap menu ‘Wi-Fi’.

5. SELESAI.

Nach, dengan ini WhatsApp cuman akan menyimpan pesan saat handphonemu tersambung wifi sob . Maka, kuotamu tidak akan dikuras kembali dech.

5. Mematikan Pemakaian Data di Latar Belakang

Ini seharusnya tidak dilaksanakan, karena pemakaian data background WhatsApp lumayan kecil. Disamping itu ini dapat mengusik fungsionalitas WhatsApp kamu. TAPI, ini dapat diaplikasikan ke program yang lain tidak begitu penting, seperti Youtube, program permainan, dan lain-lain

Pengguna Android 7.0 ke atas bisa aktifkan Data Saver

Salah satunya factor yang lain membuat kuotamu cepat habis ialah pemakaian data di background. Tanpa kita ketahui, WhatsApp terus akan jalan dan makan kuotamu walau kamu sedang tidak memakainya untuk chat atau telepon. Nach, untuk menangani ini kamu harus mematikan pemakaian data di background dengan mengendalikannya di penataan handphone.

Tetapi saat sebelum memerhatikan tutorialnya, harus diingat ya jika penataan setiap handphone itu berlainan. Untuk ini kali, saya gunakan ponsel merek Vivo ya . Maka kamu dapat sesuaikan beberapa langkah berikut dengan pilih menu yang sama.

Ke menu ‘setelan’ atau ‘setting’ yang berada di handphonemu.
2. Tap menu ‘Aplikasi dan Notifikasi’.

3. Mencari program WhatsApp, lalu ketok pada aplikasi itu.

4. Tap menu ‘Kuota dan Wifi’.

5. Non-aktifkan menu ‘Kuota Latar Belakang’ sampai warna birunya lenyap.

6. SELESAI.

Dengan demikian, WhastApp tidak bekerja di background. Kamu bisa juga menonaktifkannya untuk aplikasi lain agar kuotamu dapat semakin irit sob.

Paket background ini dibutuhkan agar pesan yang dikirimkan orang dapat masuk langsung keponselmu secara cepat tanpa terlambat. Satu kali lagi, penataan ini penting untuk diikutkan di sini, tetapi seharusnya dipakai untuk program yang lain tidak begitu penting, misalkan youtube, kita tidak begitu perlu pemberitahuan video seperti kita perlu pemberitahuan chat masuk ke WhatsApp . Maka aplikasikan ini di program lain untuk kurangi pemakaian paket kamu secara overall.

6. Aktifkan feature Penghemat Paket Handphone

Untuk langkah yang ke-5 ini akan sedikit berlainan di masing-masing handphone. Untuk ini kali saya gunakan handphone dengan merek Vivo. Kamu dapat turuti panduan berikut dan samakan dengan beberapa menu yang berada di handphonemu ya sob.

Bila diponsel kalian tidak ada program penghemat data, dapat search google play. Ada beberapa program alternative. Yang paling penting install program yang peringkatnya baik dan terkenal.

Pertama, kamu harus ke menu ‘Setelan’ atau ‘Setting’ yang berada di handphonemu.

2. Tap menu ‘Jaringan dan Internet’. Untuk menu ini, masing-masing handphone akan mempunyai nama yang sedikit berlainan. Umumnya menu yang ada ialah ‘Penggunaan Data’ atau ‘Cellular Data Usage’.

3. Tap menu ‘Penghemat Kuota’.

4. Aktifkan menu ‘Gunakan Penghemat Kuota’ sampai berwarna jadi biru.

5. Untuk lakukan penghematan extra, kamu dapat click menu “Paket tidak terbatasi”.

6. Yakinkan semua program pada kondisi nonaktif. Bila ada yang warna biru, matikan sampai berwarna beralih menjadi abu-abu seperti gambar berikut ini.

Nach, demikianlah beberapa cara yang dapat kamu kerjakan untuk mengirit paket WhatsApp-mu sob. Sesudah kamu gunakan cara-cara di atas, seterusnya tentu kuotamu menjadi lebih hemat . Maka, mulai saat ini kamu dapat semakin irit uang nih.

Oke dech. Demikian dahulu ya artikel ini kali. Mudah-mudahan apa yang saya jelaskan di atas dapat berguna untuk kamu. Janganlah lupa untuk sharing artikel ini ke teman-temanmu ya sob. Thank you.

Kunjungi Juga:

1health.id
ctcultra.id
bajojo.id
grahainspirasi.id